Kamis, 02 September 2010

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Lagi lagi aku cuma meng-copas.. *gapapa yaa?
Let's read! Semoga bermanfaat.. :)

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan Ilmu Komunikasi dengan peminatan Journalism dan Public Relations. Program Studi Ilmu Komunikasi mempelajari, antara lain: teori komunikasi; perkembangan teknologi komunikasi; dan metode penelitian komunikasi. Peminatan Journalism mengkaji, memproduksi, dan mengembangkan karya Jurnalistik. Peminatan Journalism mempelajari, antara lain: jurnalistik media cetak, radio, dan televisi; teknik menulis di media; serta hukum dan etika media. Arah kajian peminatan Journalism mencakup proses peliputan, reportase, penulisan, dan pengembangan karya jurnalistik. Peminatan Public Relations mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan manajemen dan strategi kehumasan. Peminatan Public Relations mempelajari, antara lain: teknik penulisan Public Relations; manajemen krisis dan reputasi perusahaan; dan mengelola acara khusus. Arah kajian peminatan Public Relations mencakup pengelolaan departemen atau perusahaan Public Relations.
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki kompetensi dasar Ilmu Komunikasi dan kompetensi peminatan Journalism dan Public Relations, yaitu:
• Mempunyai kemampuan bekerja pada era globalisasi dengan dukungan pengetahuan, keterampilan, dan bahasa, serta memiliki etika profesi dan profesionalisme.
• Mempunyai wawasan, pengetahuan, dan kemampuan yang memadai untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan permasalahan-permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat.
• Mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dalam mengelola industri media, baik media cetak (surat kabar, majalah, dan tabloid), media elektronik (televisi, radio, dan film), maupun media on-line.
• Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam meliput dan menulis berita (news) serta menulis opini untuk dimuat di media.
• Mampu merancang dan melaksanakan berbagai program jurnalistik untuk media elektronik, seperti: liputan khusus, debat topik masalah hangat, dan live interviews .
• Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Journalism, juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Mempunyai profesionalisme di bidang Public Relations yang dapat diterapkan pada lembaga pemerintah, swasta, maupun organisasi nirlaba.
Mempunyai keahlian menulis kehumasan, menyelenggarakan acara khusus, menangani krisis organisasi, membina hubungan dengan publik organisasi—termasuk media, dan berbicara di depan umum.
Mempunyai kemampuan akademis untuk melakukan penelitian di bidang Public Relations , juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Prospek Kerja Jurusan PR
Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, prospek berkarirnya tuh lumayan luas loh. Hampir di setiap perusahaan pasti memerlukan yang namanya PR. Prospek profesi lulusan Ilmu Komunikasi jurusan PR bisa bekerja sebagai Public Relation perusahaan.
Kalo perusahaan gede, perlu banyak PR untuk media monitoring dan relation. Selain itu, bisa juga jadi Account Executive dan juru bicara perusahaan. Wah, bisa dibayangin berapa gajinya tuh?
Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik
Kalo kamu ambil jurusan Jurnalistik, kamu bisa jadi wartawan media cetak maupun reporter TV. Sebagai pemimpin media, manajer produksi dan komunikasi pemasaran media. Sebagai konsultan media, Presenter, Kamerawan, Script Writer ato produser program TV dan radio, dan semua yang berhubungan dengan media.
Macam-macam prospek kerja di PTS atau PTN dan lain-lain
Kemampuan praktis yang dilatarbelakangi penguasaan keilmuan menjadikan Sarjana Ilmu Komunikasi berpotensi berpartisipasi aktif mengedepan, dalam menjawab permasalahan-permasalahan bidang komunikasi di masyarakat. Meski tetap mempunyai orientasi untuk menjadikan lulusan yang berjiwa entrepreneur, beberapa peluang kerja yang bisa dijawab oleh Sarjana Ilmu Komunikasi banyak tersedia. Kompetensi utama lulusan Ilmu Komunikasi yaitu: Produser Acara, Programmer, Reporter, Script Writer, Manager Media, Lobbying, Manajer Event, Manajer Kampanye, dan PRO (Public Relation Officer), Marketing Person, Negotiator, dan Perencana Iklan. Kompetensi/tujuan lulusan bisa dilihat dalam tabel berikut ini:
Tabel 1
Kompetensi Pekerjaan Lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi
No. Macam Kompetensi Kualifikasi Bidang Kerja Instansi
1 Kompetensi Utama 1. Komunikasi Massa
• Produser Acara
• Programmer
• Reporter
• Script Writer
• Manager Media
2. Public Relation:
• Lobbying
• Manajer Event
• Manajer Kampanye
• PRO
3. Business Communication :
• Marketing/AE
• Negotiator
• Perencana Periklanan
4.Konsultan Komunikasi
5. Analis Media
6. Event Organizer
7. Copy Writer.
8.Akademisi (Peneliti/Pengajar) Pemerintah:
1. PTN
2. Dephubtel
3. Dep.Komunikasi dan Informasi
4. Depdiknas
5. Lembaga Penyiaran (TV, RRI)
6. Diperta
7. Deparlu
8. Lemlit
Swasta :
1. Industri Media
(Radio, TV, Media Cetak,
dan Media Interaktif / Internet)
2. Biro Iklan
3. PR Konsultan
4. PTS / Akademi Komunikasi
5. Production House
2 Kompetensi
Pendukung 1. Fotografer.
2. Juru Kamera.
3.Anchor/Telangkai/Host
4. Trainner.
5. Kolumnis
6. Desainer Komunikasi Grafis
7. Grafika
8. Editor
9. Penyuluh
10.Juru Kampanye Pemerintah dan Swasta:
1. Konsultan SDM
2. LSM
3. Perusahaan Entertainment
4. Perusahaan
5. Media Massa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar